Rabu, 03 Agustus 2011

0 Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa

AiyFeb punya satu informasi/tips berguna buat kalian yang berpuasa, khususnya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran anda. Ketika berpuasa tentu saja asupan energi dari makanan berkurang karena kita tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Tetapi aktivitas yang kita lakukan masih sama dengan ketika kita tidak berpuasa. Ini nih problem utama yang bisa menimbulkan kondisi badan down yang ujungnya sakit saat puasa. Juga diusahakan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

1. Makan Sahur
Satu hal yang sebenarnya paling penting walaupun ini sunnah. Menu sahur tersebut, diperkirakan cukup untuk energi 12 jam. Juga diusahakan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

2. Pilihlah makanan yang tepat saat berbuka puasa
Menu yang dipilih pada saat berbuka sebaiknya terdiri dari makanan pembuka berupa minuman atau makanan manis, seperti kolak pisang, kurma atau teh manis.

3. Jangan langsung makan dan minum minuman dingin yang mengandung es
Hindarilah langsung mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin yang mengandung es saat buka puasa. Sebaiknya, biasakan berbuka dengan minuman yang hangat.

4. Konsumsi Vitamin
Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Bila perlu ditambah dengan suplemen multivitamin jika buah-buahan dan sayuran kurang mencukupi untuk dikonsumsi. Ini fitur tambahan buat menjaga kesehatan agar lebih optimal.

5. Olahraga kecil
Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga untuk bermalas malasan dan tidur siang terlalu lama. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk yang satu ini, pilihlah olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki, fitnes ringan juga pilihan yang tepat. Sekalian ngabuburit. Semoga tips kecil ini berguna bagi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa meninggalkan komentar sobat, karena komentar sobat sangat berguna dan bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Thanks You

 

AiyFeb Selalu Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates