Senin, 07 November 2011

0 10 Kesalahan untuk 1 Kesuksesan Besar

"Kesuksesan Anda akan lebih besar jika melewati banyak kesalahan...!"
" Dan Sebuah Kesalahan atau Kegagalan adalah suatu kesuksesan atau keberhasilan yang Tertunda "

Ide tulisan Saya ini berasal dari pertanyaan peserta bimbel bisnis online RWP di Bogor. Adalah Pak Kurniawan dan Pak Budi yg aktif bertanya tentang seluk beluk web hingga bisa menghasilkan. Mereka masuk kelas hari minggu pagi pukul 09.00 s/d 13.00 WIB yg jumlah pesertanya 7 orang.

Pak Budi mencoba belajar buat Website Kue buatan istrinya dg alamat www.KueCakeLezat.com , sementara Pak Kurniawan mencoba membuat website produk kesehatan alami dari bekatul :  www.SehatAlami.biz . Saat tulisan ini dibuat, mereka baru menyelesaikan 7 kali pertemuan bersama teman-teman lainnya. Inti dari pertanyaan Pak Budi adalah bagaimana proses-proses optimasi website secara gratis (SEO) sampai bisa mendatangkan pengunjung dan pembeli. Sementara inti dari pertanyaan Pak Kurniawan adalah berapa bulan  kita bisa memutuskan bahwa bisnis yg kita jalani cocok dan menghasilkan.

Sebenarnya pertanyaan tsb sudah terjawab saat bimbel berlangsung. Hanya di sini Saya ingin memperluas penjelasan dikaitkan dengan faktor kesalahan. Semoga pembaca sekalian bisa mengambil hikmah untuk kesuksesan bisnisnya masing-masing.

Berikut Penjelasan Saya berkaitan dengan Faktor Kesalahan dan Kesuksesan Anda :

1. Inti dari Pebisnis Online yg berhasil adalah mencoba dan mencoba terus sampai berhasil. Awal-awal sebelum menghasilkan, kita akan terpedaya dengan banyaknya program penghasilan di internet. Pada tahap ini tugas utama kita adalah mencari dan menentukan fokus program yg akan diikuti. Memang tidak mudah untuk pemula menemukan fokus program di internet, namun Anda bisa mempraktekkan cara jitu untuk menemukan fokus program dengan mempraktekkan cara-cara yg telah saya jelaskan sebelumnya.

2. Setelah tugas utama terlewati (menemukan fokus program), barulah Anda mulai praktek dan praktek terus sampai menghasilkan. Pada tahap ini kita akan melewati kesulitan kedua yg ternyata butuh perjuangan untuk menghasilkan. Yah namanya hidup butuh perjuangan, begitu juga bisnis. Anda perlu konsisten praktek tanpa terpedaya dengan progam lain yg kelihatannya "menghasilkan bagi orang lain". Praktekkan terus tahap-tahap yg benar sampai menghasilkan : mulai dari riset pasar, buat website/blog, belajar membuat artikel/konten yg SEO Friendly, pasang sumber penghasilan, belajar optimasi website secara on page dan off page, lihat pesaing Anda, belajar dari web pesaing  Anda, konsultasi dengan senior atau mentor yg Anda percayai, belajar pasang iklan yg efektif, belajar sales letter, belajar buat bisnis berjalan otomatis, dan lain sebagainya.

Perhatikan point 2 di atas..! Dengan "seabrek" tugas untuk praktek sampai menghasilkan, ternyata Anda tidak akan punya waktu untuk memikirkan program lain yg tidak menjadi fokus Anda. Kalau ternyata di tengah jalan Anda mengerjakan tugas lain selain fokus praktek Anda di atas, maka yakinlah Anda tidak akan menghasilkan. Kalaupun menghasilkan, itu hanya sedikit dan pendapatannya kadang-kadang. Hari ini menghasilkan, besok tidak. Atau hari ini menghasilkan, ntar 2 minggu lagi baru menghasilkan. Atau sebulan cuma dapat 1 penjualan. Perhatikan : pendapatan demikian sangat kecil dibandingkan dengan pengorbanan waktu dan biaya yg Anda keluarkan. Maka dari itu perlu terus dijaga fokus praktek agar pendapatan Anda bisa tiap hari, atau setidaknya seminggu 3x.

3. Jika di tengah jalan Anda tersadar bahwa itu bukan fokus Anda saat ini, atau Anda salah menentukan prioritas program, atau sumber daya Anda kurang, maka segera putuskan untuk meninggalkan 'sementara' program lama dan beralih ke program baru. Meninggalkan sementara program lama dalam arti Anda diamkan dulu pekerjaan di bidang lama (websitenya anda diamkan saja tanpa aktivitas), lalu mulai menekuni progam baru yg menurut Anda lebih mudah ditekuni dengan sumber daya Anda saat ini (Catatan : di sini Anda sudah menemukan 1 program yg menurut Anda sangat cocok dengan kondisi pribadi saat ini setelah proses penghayatan mendalam dan analisa).

Contoh point 3 di atas misalnya : Anda sudah punya usaha offline yg ingin dikembangkan secara online (Toko Online), lalu sudah  belajar buat website, dll. Namun dengan terbatasnya tenaga (karena Anda masih karyawan), atau sulitnya komunikasi dengan supplier, maka optimasi website Anda tidak sempurna. Dengan kondisi tsb, maka Anda bisa pending dulu program di atas, dan beralih ke program Affiliate PPS yg mungkin menurut Anda cocok dengan sumber daya yg Anda miliki (waktu, biaya, dll).

Jika beberapa bulan kemudian Anda sudah menghasilkan dari program baru ini seraca rutin, barulah Anda lirik kembali program lama yg pernah Anda kerjakan namun belum maksimal. Di sini Anda sudah punya modal penghasilan dari affiliate PPS sehingga pekerjaan Anda untuk memaksimalkan Toko Online akan lebih santai tanpa harus diburu-buru harus cepat menghasilkan.

4. Dengan Anda melihat dan merasakan begitu banyaknya proses yg harus dilalui sampai seseorang berhasil mendapatkan penghasilan rutin di internet, maka kata kunci yg harus selalu dipegang adalah : mencoba dan mencoba terus. Dalam mencoba sesuatu di bisnis online, Anda akan mengalami puluhan atau bahkan ratusan kali kesalahan. Namun ingat nasehat bisnis ini : Kesuksesan Anda akan semakin besar jika melewati banyak kesalahan. Thomas Alfa Edison melakukan 6.000 kali kesalahan sampai bisa menemukan Listrik yg kita nikmati sampai saekarang. Kesalahannya ribuan kali, namun manfaatnya dinikmati milyaran penduduk bumi sampai akhir hayat. bukankah itu kesalahan berujung mulia?

Bagaimana kalo Saya mengatakan 10 kesalahan untuk 1 kesuksesan besar? atau 100 kesalahan untuk 1 kesuksesan besar? Tentu perjuangan Anda tidak ada apa-apanya dibanding Thomas Alfa Edison. Namun dengan 10 kesalahan Anda, setidaknya kesuksesan yg Anda raih bisa bermanfaat buat diri sendiri dan keluarga. Dan itu adalah kesuksesan terkecil menurut Saya.

Anda hanya akan tahu benar potensi diri setelah mencoba praktek. Anda akan tahu mana proses yg benar dan mana proses yg salah setelah mencoba praktek. Anda juga bisa tahu arti perjuangan hidup lewat bisnis online. Kenapa kita perlu berjuang? karena kita bukan TUHAN yg bisa mengatakan kun fayakun (hanya berkata : jadilah-maka sesuatu akan terjadi). Kita tidak akan maju jika diam atau mengeluh. Cobalah, berjuanglah, Anda akan  dikarunia hadiah terindah dari Tuhan.  So, mari berjuang Sobat....!!!

Sumber : 

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa meninggalkan komentar sobat, karena komentar sobat sangat berguna dan bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Thanks You

 

AiyFeb Selalu Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates